Minggu, 31 Januari 2016

Penipu Pintar Membuat Kita Dalam Posisi Yang Serba Salah

Sekedar share pengalaman teman yang nemu di kronologi socmed saya tadi barusan.
Hati - hati jika hendak belanja di OLX atau toko online yang lainnya. Jika hendak beli barang elektronik ataupun kendaran lebih baik ketemu langsung dan jangan pernah keluar uang terlebih dahulu dengan alasan apapun!

Kronologinya:

Kemarin saya cari di OLX mau beli motor, dapetlah 1 motor dengan domisili klaten. Saya sms dia kemudian dia minta pin bb supaya jelas. Saya kasih pin saya, dia langsung invite saya dan kirim foto motor,stnk, bpkb, ktp. pin bbm dia 2B471F0B
Saya tanya barangnya dimana dia jawab barang ada di malang. Kemudian dia bilang akan ngasih harga udah termasuk ongkir, saya tanya kenapa dijual dia bilang untuk biaya istrinya operasi. Dia sangat detail modus penipuannya. Mulai dari status bbm nya yang bilang istrinya operasi, lalu foto BBM yang sok rohani.
Kemudian saya bilang saya ga jadi kalo ga liat barangnya dulu, saya udah tau itu pasti penipuan. Lalu saya kembali ke OLX dan lapor ke OLX kalo akun itu penipuan supaya di blokir (dan ternyata langsung di blokir).

Kemudian siangnya dia menghubungi saya lagi, dia bilang ga apa-apa saya bayar uangnya setelah motornya sampe solo. Makin yakin dia penipu, saya langsung googling pin bbm dia, ternyata benar dia udah ada di situs LaporSmS (web tentang keluhan masyarakat yang isinya nomor, pin penipuan) - kalo curiga dengan pin bbm orang, silakan ketik pin orang itu, kalo ga ada hasil brarti pin itu aman, kalo ada hasil di situs laporSMS berarti dia memang penipu.
Nah saya tahu dia penipu kemudian saya kerjain aja dia, sy bla bla bla oke-oke in. Nah ternyata benar, dia minta duit Ongkos kargonya malam itu juga. Hahaha makin yakin dia penipu, awalnya saya nolak, tapi kok kayaknya enak ngerjain penipu. Saya iyain nanti malam bakal trfr dia 600rb setelah dia kirim bukti kargonya, nah ini rapi lagi, dia juga kirim bukti foto kargo abal2 (lengkap banget) dia ngasih nomor hotline kargo juga yang saya yakin itu temennya. Setelah dia krim bukti kargo abal2 dia minta uang terus ngasih no rek atas nama ANDI PRATAMA bank BTN 0015501500097629. Saya alesan aja saya g bawa atm dan minta tolong isiin pulsa supaya bisa m banking haha. Kemudian dia bikin saya seolah-olah berada di posisi yang salah. Dia mau laporin sy ke polisi dngn saksi kargo, dan pake santet-santet segala. Kemudiannnnn... bla bla bla dia delcont saya. Haha kelar sudah tragedi main main sama penipu.
Jadi broh, HATI-HATI TRANSAKSI ONLINE, BELI BARANG DI OLSHOP YANG UDAH TERPERCAYA AJA, ATAU KALO BARANG ELEKTRONIK DI SITUS JUAL BELI YANG UDAH TERPERCAYA. JANGAN PERNAH KIRIM UANG TERLEBIH DULU KALO GA YAKIN. HARUS BERANI DAN JANGAN MERASA SALAH, penipu pinter banget bikin kita seolah2 di posisi yang salah.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar