Jumat, 22 Januari 2016

Penerapan Pola Makan Yang Baik Dan Sehat

Dewasa ini saya perhatikan semakin banyak remaja - remaja maupun yang sudah dewasa tidak memperhatikan pola makan yang mereka lakukan sehari - hari. Penerapan pola makan yang sehat adalah kunci utama dalam menjaga kesahatan badan kita. Dengan mengatur pola makan yang baik sejak dini dapat membuat tubuh kita menjadi lebih kebal terhadap berbagai penyakit yang datang menyerang tubuh kita setiap hari setiap waktu. Sangatlah penting kita mengatur pola makan yang kita lakukan baik itu dalam berbagai situasi dan kondisi yang sedang kalian alami.

Tak jarang muncul pertanyaan mengenai bagaimana mengatur pola makan yang baik dan teratur baik itu pada anak maupun orang dewasa. Hal ini semakin sering kita dengarkan akibat terlalu diobralnya berbagai jenis makanan ringan dan cepat saji disekitar kita. Warung makan sudah semakin jarang menyediakan sayuran sehat serta buah - buahan segar dalam jajanan yang mereka tawarkan. Lebih sering yang dijajakan adalah berupa makanan instant dan buah - buahan olahan yang sudah berkurang kesegarannya dibandingkan dengan buah yang utuh.
Baca : Efek Keseringan Makan Makanan Instant

Pola makan yang baik terdapat banyak sekali jenisnya, antara lain:
  • pola makan yang baik untuk menurunkan berat badan
  • pola makan yang baik menurut islam
  • pola makan yang baik untuk diet
  • pola makan yang baik untuk penderita maag
  • pola makan yang baik untuk membentuk otot
  • pola makan yang baik untuk menambah berat badan
  • pola makan saat diet
  • dll
Semua hal yang disebutkan diatas merupakan pertanyaan yang paling sering saya simak dalam berbagai forum serta artikel bacaan yang disajikan di internet serta sosial media. Timbulnya pertanyaan tersebut semakin membuat saya prihatin akan kesehatan pada generasi yang mendatang karena semua efek yang ditimbulkan dari hal - hal yang berbau instant adalah dalam efek jangka waktu yang panjang untuk bisa dirasakan dampak negatifnya.

Penerapan pola makan yang baik dan sehat akan saya bahas disini secara umumnya saja, untuk hal - hal yang difokuskan dapat kalian simak pada postingan saya yang lainnya sudah pernah saya bahas juga beberapa. Berikut Penerapan Pola Makan Yang Baik Dan Sehat diantaranya:

Mengatur Jam Makan Sejak Dini
Aturlah jam makan kalian dalam sehari paling tidak bisa makan 3x dan pada jam - jam yang rutin setiap hari, ada baiknya dalam selang waktu 6jam hingga 8jam sekali adalah waktunya makan. Dengan memiliki jadwal makan yang rutin dan tetap ini bisa menghindarkan kalian terhadap makanan - makanan ringan tambahan yang sekiranya kurang penting karena bisa menyebabkan obesitas alias kelebihan berat badan.
Baca : Resep Masakan Dan Minuman Sehat

Makan Sayur Dan Buah Segar
Imbangi nutrisi yang masuk ke tubuh kalian dengan mengkonsumsi sayur dan buah yang segar karena didalamnya terdapat kandungan vitamin yang sangat bermanfaat bagi kebugaran tubuh. Buah dan sayur juga kaya akan serat yang baik bagi pencernaan kalian. Kandungan antioksidan di dalamnya juga bisa dimanfaatkan guna menangkal radikal bebas di tubuh.

Hindari Segala Makanan Berlemak Tinggi
Gorengan dan daging berlemak ada baiknya kalian sedikit hindarkan karena mengandung lemak yang sangat tinggi. Kandungan lemak yang tinggi ini dapat menyebabkan penimbunan kolesterol dalam darah sehingga sewaktu - waktu bisa menyumbat aliran darah kalian. Kurangilah hal - hal yang berbau lemak tersebut demi kesehatan pola makan yang kalian jalani sehari - hari.
Baca : Menu Diet Yang Tepat Untuk Menurunkan Berat Badan

Karbohidrat Secukupnya
Karbohidrat seyogyanya merupakan sumber energi bagi tubuh kita, namun segala yang berlebih dapat menyebabkan dampak yang kurang baik, dan pada kasus karbohidrat ini akan terjadi penumpukan glukosa yang berlebih sehingga bisa menimbulkan obesitas maupun kencing manis. Kendalikanlah konsumsi karbohidrat secukupnya saja

Tidak ada komentar:

Posting Komentar