Jumat, 29 Januari 2016

Cara Mengistirahatkan Badan Yang Baik Dan Efisien

Tak sedikit orang yang mengeluhkan waktu yang mereka butuhkan dalam hal beristirahat masih sangat kurang alias kurang tidur. Kok bisa? Sehari terdapat 24jam masak iya semua itu dibuat untuk beraktivitas semuanya? Keluhan mengenai insomnia semakin marak terdengar akibat dari perkembangan teknologi saat ini yang merupakan salah satu faktor pengebab utama kurangnya waktu dalam hal beristirahat. Terjadi insomnia ini bisa jadi karena bekerja di malam hari atau bekerja lembur hingga waktu tidur terlewatkan.
Memikirkan beberapa masalah yang sedang dihadapi atau stres juga bisa menyebabkan otak terus aktif meskipun pada saat waktu tidur. Meski tubuh Anda sudah lelah, otak yang aktif akan membuat Anda terus terjaga dan sulit untuk terlelap. Kebanyakan belum pada mengetahui cara untuk mengistirahatkan badan sehingga lebih terasa segar pada saat bangun dari tidur.

Berikut ini beberapa Cara Mengistirahatkan Badan Yang Baik Dan Efisien:

Beristirahat Setiap 90 Menit
Tiduran atau melakukan aktivitas yang menyenangkan lainnya setiap 90 menit dalam waktu bekerja atau menguras energi otak kalian sangat diperlukan untuk menjaga agar keadaan kondisi tubuh dan pikiran tetap stabil. Jangan menunggu hingga badan atau otak merasa lelah, namun berilah selang setiap beberapa menit yaitu 90 menit dalam setiap pekerjaan kalian entah itu hanya sekedar berhenti bekerja sejenak ataupun tidur.

Waktu kerja yang terlalu mepet dengan waktu istirahat dapat menyebabkan kurangnya istirahat untuk tubuh dan pikiran. Otak membutuhkan waktu untuk merasa tenang sehingga bisa beristirahat. Untuk itu, jeda antara waktu kerja dengan waktu tidur sangat diperlukan dalam hal mengistirahatkan otak sejenak sebelum beristirahat. Setidaknya 90 menit sebelum tidur berusahalah untuk segera menyelesaikan semua pekerjaan. Matikan semua alat elektronik dan redupkan lampu di ruangan tempat anda hendak beristirahat.

Matikan Gadget
Jangan lah membiasakan diri tetap terjaga di tempat tidur untuk memikirkan banyak hal seperti halnya bermain gadget di tempat tidur apalagi sambil tiduran.Hal ini akan mengajarkan otak kalian bahwa temat tidur adalah tempat untuk beraktifitas. Jika otak masih aktif saat berada di tempat tidur, bangun dari kasur, kemudian pindah ke ruangan lain yang lebih tenang akan lebih dapat merilekskan keadaan tubuh dan otak.

Lebih baik untuk mendengarkan musik yang membuat mengantuk atau bermeditasi daripada bermain gadget atau smartphone hingga merasa ngantuk.Karena pada dasarnya banyak orang sudah terbiasa setiap sebelum tidur dan pas bangun tidur selalu saja hal yang pertamakali diperhatikan adalah gadgetnya, sehingga bila menyentuh gadget sudah secara otomatis otak menganggap hal ini sebagai suatu aktifitas dan dapat membuat otak lebih aktif serta beristirahat pun menjadi kurang efektif.

Bayangkan Sesuatu Yang Banyak Jumlahnya
Percaya atau tidak, jika kalian memikirkan sesuatu yang banyak jumlahnya dapat membuat anda semakin mengantuk. Fokuskan otak untuk membayangkan gambaran benda secara menyeluruh bentuknya yang akan kalian hitung tersebut. Jika saya biasanya adalah menggambarkan sesuatu hal yang saya suka misalnya gambar kumpulan karakter anime lalu kemidian saya mulai menghitung jumlah karakter tersebut sembari menyebutkan nama karakter tersebut didalam pikiran saya dan hasilnya saya juga tau - tau menjadi tertidur. Jika belum tertidur juga, selanjutnya lakukan penghitungan dengan mengulang-ngulang nama benda tersebut. Ternyata perilaku menghitung ini akan membuat otak kehilangan fokus sehingga mudah untuk terlelap.

Tidur Siang
25 hingga 30 menit tidur siang setiap harinya dapat berpengaruh baik pada daya fokus, kemampuan berpikir, dan kreatifitas. Tidur pada malam hari saja dirasa masih kurang untuk mengistirahatkan badan sehingga tidur siang juga diperlukan meskipun hanya untuk beberapa saat. Lakukan rutin setiap hari untuk meluangkan waktu 25 hingga 30 menit hanya sekedar untuk beristirahat.

Jangan Khawatir
Banyaknya masalah yang dihadapi oleh seseorang juga dapat berpengaruh pada kenyamanan dalam hal beristirahat. Rasa khawatir pada masalah yang sedang dihadapi ini dapat membuat otak sangat aktif sehingga susah untuk diajak beristirahat. Kalian harus bisa membedakan kecemasan yang produktif dan yang tidak. Kecemasan yang tidak produktif sebaiknya dihilangkan dari pikiran agar tak membebani pada saat akan tidur.

3 komentar: