Jumat, 29 Januari 2016

Efek Keseringan Makan Junk Food Atau Makanan Cepat Saji Atau Makanan Instan

Makanan cepat saji atau makanan instan atau junk food adalah makanan yang penyajiannya tidak memerlukan waktu terlalu lama setelah kita memasaknya ataupun ketika kita memesan makanan ini di berbagai restoran. Umumnya makanan cepat saji ini banyak mengandung gula, lemak, natrium, karbohidrat kosong, bahkan gula buatan dan bahan pengawet di dalamnya. Pembuatan makanan yang cepat tersebut sangat dipertanyakan efek samping junk food bagi kesehatan kita.

Makanan instan pada dasarnya rasa yang lebih menggoda, dan bahkan dapat membuat ketagihan setelah kita memakan untuk yang pertama kali terutama anak-anak. Kandungan yang ada dalam junk food yang biasanya rendah nutrisi, namun tinggi kalori dari gula tambahan, pati atau lemak ini pastilah sudah bisa kita prediksi dampaknya bagi kesehatan kita.Alangkah baiknya jika kita tidak terlalu sering untuk memakan makanan instan cepat saji ini demi kesehatan kita, karena efeknya adalah dalam jangka waktu yang panjang baru terasa dampak buruk junk food ini.

Berikut Efek Keseringan Makan Junk Food Atau Makanan Cepat Saji Atau Makanan Instan:

Kurang Gizi
Sudah pasti efek buruk junk food salah satunya yang paling dapat dilihat kasat mata adalah dapat menyebabkan kurang gizi. Makanan maupun makanan ringan harus terdapat nutrisi yang baik buat pertumbuhan dan kesehatan tubuh. Makanan instan cepat saji sangat jauh dari kondisi sehat dalam hal perolehan nutrisi pada saat kita mengkonsumsinya. Penuhilah kebutuhan tubuh dalam hal pemenuhan nutrisi untuk tubuh, seperti halnya dalam makanan 4 sehat 5 sempurna.

Kegemukan
Berat badan umumnya bertambah ketika kalori yang dibakar tubuh saat beraktivitas lebih sedikit daripada kalori yang masuk dari makanan yang dikonsumsi terutama pada makanan cepat saji yang dapat menyebabkan terjadinya obesitas. Kandungan gula dan lemak yang berlebih pada makanan cepat saji yang dapat menyebabkan rasa ketagihan untuk menyantapnya juga menjadi salah satu faktor terjadinya kegemukan. Namun selain makanan, ada banyak faktor yang juga memengaruhi metabolisme dan berat badan tubuh. Kenalilah faktor-faktor tersebut.
Baca : Berbagai Faktor Penyebab Kegemukan Badan

Kardiovaskular
Penyakit kardiovaskular atau cardiovascular disease (CVD) adalah penyakit yang berkaitan dengan jantung dan pembuluh darah. Penyakit kardiovaskular yang umum adalah: penyakit jantung iskemik (ischemic heart disease) (IHD), stroke, penyakit jantung akibat tekanan darah tinggi (hypertensive heart disease), penyakit jantung rematik (rheumatic heart disease) (RHD), pembesaran aorta (aortic aneurysm), cardiomyopathy, atrial fibrillation, penyakit jantung bawaan (congenital heart disease), endocarditis, dan peripheral artery disease (PAD). Makanan cepat saji yang mengandung lemak jenuh yang tinggi, dapat meningkatkan jumlah koloesterol jahat dalam tubuh yang dapat menyebabkan risiko penyakit kardiovaskular pada anak-anak. Tekanan darah tinggi merupakan salah satu faktor timbulnya risiko penyakit jantung, dan makan makanan yang tinggi natrium menyebabkan tekanan darah tinggi.
Baca : Manfaat Latihan Kardiovaskular

Diabetes Tipe 2
Diabetes melitus tipe 2 merupakan kelainan metabolik yang ditandai dengan kadar glukosa darah yang tinggi dalam konteks resistensi insulin dan defisiensi insulin relatif. Junk food bisa mengakibatkan risiko tinggi terkena diabetes tipe 2 serta risiko gagal ginjal akibat tidak bisa mengatur tingkat gula darah dalam tubuh. Risiko ini akan semakin meningkat ketika seseorang mengalami obesitas, atau diet tinggi karbohidrat dan tinggi glikemik.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar