Minggu, 31 Januari 2016

8 Hal Ini Sangatlah Menakjubkan Dalam Suatu Reaksi Kimia

Kimia itu unik. Proses reaksi yang terjadi dalam kehidupan sehari - hari terkadang menjadi batasan pada manusia dikarenakan tak jarang reaksi kimia tersebut diluar nalar manusia itu sendiri. Keajaiban dari reaksi kimia serta hasil dari reaksi itu sendiri juga banyak yang hingga era modern ini menjadi tanda tanya besar pengungkapan realita aslinya.

Berikut di bawah ini beberapa hal yang patut anda cari au keasliannya dalam hal keajaiban suatu reaksi kimia dalam kehidupan kita sehari - hari:

1. Cesium Dalam Air
Cesium sulit untuk ditangani karena bereaksi secara spontan di udara. Jika sampel logam memiliki luas permukaan yang cukup besar, Cesium dapat terbakar membentuk superoksida. Cesium superoksida memiliki bentuk yang lebih kemerahan. Cs2O2 dapat dibentuk oleh oksidasi logam dengan jumlah oksigen yang diperlukan, tetapi reaksi lain dari cesium dengan oksigen jauh lebih kompleks. Namun perlu kalian perhatikan betapa menariknya ketika cesium ini dimasukkan seketika dalam air dingin dan apakah yang akan terjadi?
2. Pertumbuhan Kristal Sulfur
Belerang atau sulfur adalah unsur kimia dalam tabel periodik yang memiliki lambang S dan nomor atom 16. Bentuknya adalah non-metal yang tak berasa, tak berbau dan multivalent. Belerang, dalam bentuk aslinya, adalah sebuah zat padat kristalin kuning. Di alam, belerang dapat ditemukan sebagai unsur murni atau sebagai mineral- mineral sulfide dan sulfate. Ia adalah unsur penting untuk kehidupan dan ditemukan dalam dua asam amino. Penggunaan komersilnya terutama dalam fertilizer namun juga dalam bubuk mesiu, korek api, insektisida dan fungisida. Pernahkah kalian perhatikan jika kristal sulfur itu ditumbuhkan dan bagaimana menakjubkannya proses tersebut?
3. Pertumbuhan Kristal Perak
Perak adalah suatu unsur kimia dalam tabel periodik yang memiliki lambang Ag dan nomor atom 47. Lambangnya berasal dari bahasa Latin Argentum. Sebuah logam transisi lunak, putih, mengkilap, perak memiliki konduktivitas listrik dan panas tertinggi di seluruh logam dan terdapat di mineral dan dalam bentuk bebas. Logam ini digunakan dalam koin, perhiasan, peralatan meja, dan fotografi. Perak termasuk logam mulia seperti emas. Hampir mirip dengan pertumbuhan kristal sulfur, namun perhatikanlah lagi dengan seksama apa perbedaannya?
4. Pembakaran Fosfor Putih Dalam Labu Ukur
Ketika fosfor putih ditembakan atau dibakar udara maka akan bereaksi dengan oksigen membentuk fosfor pentaoksida (P2O5). Walaupun fosfor berbahaya namun yang paling berbahaya yaitu terletak pada proses pembakaran fosfor dan hasil pembakaran fosfor bukan pada ledakannya. Pernahkah kalian perhatikan betapa besar kuasa Sang Pencipta dalam segala bentuk ciptaannya?
5. Reaksi Tinta Dengan Alkohol atau Hidrokarbon
Tinta adalah bahan berwarna yang mengandung pigmen warna yang digunakan untuk mewarnai suatu permukaan. Tinta bersama pena dan pensil digunakan untuk menulis dan menggambar. Tinta merupakan sebuah media yang sangat kompleks, berisikan pelarut, pigmen, celupan, resin dan pelumas, sollubilizer (semacam senyawa yang membentuk ion-ion polimer polar dengan resin tahan air). Namun apa yang terjadi ketika tinta tersebut masuk dalam sebuah larutan alkohol atau larutan hidrokarbon?
6. Percobaan aliran laminar
Perhatikanlah baik - baik pada saat melakukan percobaan aliran laminar. Jika kalian memutar nya makan seketika warna - warna yang ada pada tabung akan mencampur dengan rata, namun apa yang terjadi ketika aliran tersebut dibalik berlawanan arah dengan aliran yang pertama? Ternyata warna - warna yang tadinya menyatu akan kembali terpisah masing - masing sesuai warna pada keadaan awalnya. Sungguh menakjubkan!
7. Menghantarkan Arus Listrik Pada Pensil
Pernahkah kalian mencoba untuk menghantarkan sebuah arus listrik pada sebatang pensil kayu? Sangat simetris pemisahan atau pada saat terbakarnya bisa tepat pada tengah - tengah pensil tersebut seperti pada saat bunga mekar untuk waktu pertama kalinya. Indahnya kimia.
8. Selang Waktu Pertumbuhan Kristal
Kristal dapat terbentuk dari proses pengendapan. Endapan adalah zat yang memisahkan diri sebagai suatu fase padat keluar dari larutan dan terbentuklah kristal. Ukuran kristal yang terbentuk selama pengendapan tergantung pada dua faktor penting, yaitu laju pembentukan inti dan laju pertumbuhan kristal. Laju pembentukan inti dapat dinyatakan dengan jumlah inti yang terbentuk dalam satuan waktu. Jika laju pembentukan inti tinggi, banyak sekali kristal yang akan terbentuk tetapi dengan ukuran yang kecil. Sedangkan jika laju pertumbuhan kristal tinggi, maka akan didapatkan kristal dengan ukuran yang tinggi. Indahnya jika kita memperhatikan tahap - tahap pembentukan kristal dimana mirip dengan bentuk dari terumbu karang yang ada di lautan dalam.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar