Minggu, 31 Januari 2016

Bagaimana Pendapatmu Tentang Iman Pengharapan Dan Kasih?

Sekali kejadian pada saat mendengarkan mengenai iman, pengharapan dan kasih, sejenak saya merenungi hal tersebut karena pada dasarnya semua orang pasti beriman, semua orang juga bisa memiliki pengharapan terhadap suatu hal, namun pada hal yang terakhir yaitu tentang kasih, apakah semua orang memilikinya? Tentu hal ini menjadi perdebatan batin kita masing - masing apakah kita sebagai seorang manusia sudah beriman, berpengharapan, dan bertindak kasih baik itu terhadap sesama ataupun pada pencipta kita Yang Maha Kuasa.

Jika ditanya mengenai kepentingan antara tiga hal diatas yaitu iman, pengharapan, kasih maka mana yang kamu utamakan?
Kasih adalah perasaan yang dimiliki oleh setiap manusia, perasaan ini akan timbul apabila manusia tersebut mempunyai rasa memiliki dan menyayangi. Kasih juga bisa dikatakan hubungan keterkaitan antara manusia tersebut dengan sesuatu. Bukan hanya kasih antara manusia dengan manusia, tetapi bisa juga kasih antara Tuhan dengan manusia, maupun kasih antara manusia dengan Tuhan (iman). Dengan adanya rasa kasih tersebut membuat manusia mempunyai tujuan hidup yang akan diperjuangkan (pengharapan).
Kasih pasti lemah lembut
Kasih pasti memaafkan
Kasih pasti murah hati
KasihMu kasihMu Tuhan
        Ajarilah kami ini saling mengasihi
        Ajarilah kami ini saling mengampuni
        Ajarilah kami ini kasihMu Tuhan
        KasihMu kudus tiada batasnya
Ajarilah kami bahasa kasihMu
Agar kami dekat padaMu Tuhanku
Ajarilah kami bahasa cintaMu
Agar kami dekat padaMu
Sedikit syair nyanyian diatas menggambarkan betapa kita sebagai seorang manusia masihlah jauh sekali dari kata sempurna sehingga pada paragraf awal saya sedikit pisahkan antara bentuk kasih Tuhan dengan manusia dan bentuk kasih manusia pada Tuhan. Tuham mengasihi kita manusia tanpa batas walau seberapa besar dosa kita asal kita tulus bertobat pastilah juga akan mendapatkan kemballi kasih tersebut, sedangkan kita manusia mengasihi Tuhan kita dengan banyak sekali bentuk namun ada batasnya.

Kita seringkali mengasihi Tuhan dan menyanjung - nyanjungNya dalam setiap doa kita, namun tak jarang apabila doa yang kita panjatkan tidak kunjung - kunjung terwujud maka tak jarang iman dan pengharapan serta kasih kita padaNya seakan - akan hanya terbatas pada hal tersebut. Hal ini perlu kita waspadai betul sebagai orang yang taat dan beriman hanya pada Yang Maha Kuasa.

Kasih menjadi sesuatu yang sangat diutamakan dalam menjalani hidup ini. Dengan adanya kasih maka secara otomatis perlahan terwujud suatu iman dan pengharapan yang utuh baik itu terhadap sesama maupun pada Sang Pencipta. Kasihilah Tuhan, Allahmu, dengan segenap hatimu dan dengan segenap jiwamu dan dengan segenap akal budimu dan dengan segenap kekuatanmu.
Kasihilan sesamamu manusia seperti dirimu sendiri.
Kedua hal ini menjadi perintah yang paling penting dalam kita menjalani setiap kehidupan kita sehari - hari.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar