Rabu, 03 Februari 2016

What! Admin Operator Seluler Anggap SSH Illegal?

Jadi ceritanya di twitter lagi ada debat, eh bukan debat sih, tapi komplain dari salah satu pengguna Telkomsel yaitu yang menyatakan pertanyaan berupa "Mengapa akses SSH di blokir juga?" Si admin telkomsel itu bilang panjang lebar intinya mereka menyatakan bahwa SSH itu illegal. Mungkin pihak operator taunya jika SSH tersebut digunakan untuk internet gratisan?

Padahal SSH yang dimaksud si pelanggan ini adalah dalam sebuah fitur remote server itu loh, sysadmin pasti tau seperti semacam FTP. Masak iya pihak Telkomsel sendiri tidak menggunakan hal ini dalam mengoperasikan jaringan mereka? Mari kita simak dan review lebih jauh mengenai hal tersebut sesuai hasil timeline pada akun twitter resmi milik Telkomsel berikut ini:

Kronologi 1: Ada seorang pelanggan yang menyatakan keluhannya terhadap pelayanan yang dilakukan oleh pihak operator bawasanya dia tidak bisa mengakses fitur SSH dan PPTP dari kartu Hallo (salah satu cabang milik Telkomsel). Dan pihak Telkomselpun menjawabnya dengan cepat seperti pada tampilan di bawah ini.
WHAT! Admin Operator Seluler Anggap SSH Bersifat Illegal? Atas dasar apa mereka bisa menyatakan hal tersebut? Secara Telkomsel merupakan Operator terbesar yang ada di negara tercinta kita Indonesia gitu lho menyatakan hal berani seperti tersebut di muka umum. Perlu diketahui yang pastinya yang bekerja di sana sudah pasti sedikit banyak mengerti tentang IT lho dan tidak sembarangan orang bisa bekerja di dalam perusahaan besar seperti Telkomsel?

Kronologi 2: Masih lanjut mengenai pertanyaan sambungan dari yang diatas, kali ini pelanggan Telkomsel tersebut menanyakan alasan yang pasti mengenai "Mengapa tidak bisa mengakses server milik sendiri melalui SSH dari jaringan Telkomsel?"
Masalah dalam proses pengecekan. Hellow! Secara hal ini sudah dikeluhkan berkali kali oleh sysadmin manapun yang dengan pasrahnya setia menjadi pelanggan operator Telkomsel lho tapi jawaban dan solusinya tak kunjung ada titik terangnya.

Kronologi 3: Seorang pengguna twitter lain menanyakan seputar SSH lagi kepada pihak Operator Telkomsel. Kali ini dia menanyakan betapa lucunya jika kita tidak diperbolehkan login SSH menggunakan paket internet yang sudah mereka beli. Pihak Operator Telkomsel kembali menyatakan bawasanya SSH itu Ilegal dan jika pelanggan login SSH dengan menggunakan paket data dalam kartu simcard dari Telkomsel maka akan segera di banned alias kartu simcard tidak bisa digunakan kembali untuk berinternetan.
Jika kita perhatikan baik - baik, apakah selama ini pihak operator Telkomsel sama sekali tidak pernah menggunakan akses jalur SSH untuk mengelola jaringan yang mereka lakukan?

Kronologi 4: Pelanggan lain bertanya mengenai dasar hukum mereka menyatakan bahwa SSH itu ilegal? Apa tanggapan dari Pihak Operator Telkomsel terhadap pertanyaan macam gini ini?
He e.....!!! Pelayanan macam apa ini pertanyaan dan jawaban tidak berhubungan  padahal pertanyaan yang diajukan juga masih menyangkut kelanjutan dari pertanyaan gambar - gambar diatas lho. Sebenarnya ada berapa Admin yang mengelolanya hingga tidak ada yang dapat menjelaskankya? Secara mereka digaji untuk melayani lho? Atau memang fungsinya ada akun resmi memang untuk formalitas belaka?

Kronologi 5: Karena panjangnya keluhan seorang sysadmin tehadap pemblokiran dan pernyataan yang berani ini maka tak ayal muncul pertanyaan dari seorang yang kurang mengerti dan tak tahu menahu mengenai hal yang di ributkan dan dikeluhkan tersebut. Alias orang awam yang sekedar ingin tahu saja bertanya pada pihak Operator.
Astaga. Jadi hanya secetek itu saja pemahaman pihak operator tersebut terhadap SSH yang notabenenya hampir seluruh dunia IT pasti sedikit banyak mengenal dan bahkan menggunakannya untuk mengelola jaringan mereka masing - masing. Betapa kasihan orang awam tersebut hanya mendapatkan kejelasan seperti itu, "Ilmu yang diberikan setengah - setengah berakhir dengan ketidak tahuan". Apakah ini memang sengaja dilakukan agar tak banyak orang mengetahui sehingga dapat dimanfaatkan dengan merubah sistem harga untuk bisa berinternetan di negeri ini? Kapan negara kita bisa maju dan sukses jika masih banyak pembodohan terjadi yang dilakukan oleh pihak - pihak tertentu?

Ending: Hasil tweet diatas sudah tersebar di dunia maya hingga keluar negeri. Tak sedikit yang menertawakan dan semakin merendahkan hasil jawaban - jawaban yang diberikan tersebut. Hal ini semakin menambah citra buruk terutama pada bidang IT itu sendiri dimuka dunia. Operator lain yang tidak mau disamakan dengan pendapat operator Telkomsel tersebut berusaha menampilkan moment. Ciehh. Dari pihak operator XL yang berbanding 180 derajat dengan yang diberikan oleh pihak operator Telkomsel.
Bagaimana menurut kalian? Apakah kalian yang bergelar IT terima dengan pernyataan - pernyataan diatas? Apa gunanya kalian bersekolah tinggi - tinggi dengan gelar IT tapi masih saja dianggap rendah oleh negara lain akibat insiden debat tersebut? Thats only my oppinion. What about your oppinion?

Tidak ada komentar:

Posting Komentar