Rabu, 03 Februari 2016

Menautkan Google Analytics Ke Search Console Google Webmasters

Sistem Google menunjukkan bahwa baru-baru ini Anda memverifikasi situs di Search Console (atau membuat situs menggunakan Blogger atau Google Sites yang melakukan hal ini secara otomatis). Kami memiliki beberapa kiat agar Anda dapat memanfaatkan layanan gratis ini dan memaksimalkan kinerja situs Anda di Google Penelusuran. Berdasarkan kiriman email dari Mr. G tersebut maka timbullan ide untuk sekedar menuliskannya di lembaran postingan ini yaitu mengenai Cara Meningkatkan Keberadaan Situs/Web baru di Mata Search Engine dengan cara Submit Website ke Google, Bing, Yandex, dll.
Baca : Cara Mendaftarkan Blog Atau Website Ke Search Engine

Kali ini adalah langkah berikutnya mengenai cara Mengaitkan Google Analytics ke Search Console Google Webmasters untuk meningkatkan keberadaan situs dimata SERP. Dua macam Search Engine itu dah cukup untuk publisitas dan meningkatkan Traffik Kunjungan ke Situs/Web yang kita kelola masing - masing. Ditambah lagi jika kita daftarkan diri ke Google Console agar ramah kelihatan nya dimata Google Engine.

Berikut ini Cara Menautkan Google Analytics Ke Search Console Google Webmasters untuk meningkatkan keberadaan situs dimata SERP sehingga mudah mendapatkan perhatian bagi pengunjung organik:

1. Yang perlu anda perhatikan dari awal yaitu masuk pada akun Google Analytics kalian masing - masing, kemudian menuju pada toolbar Admin dan pilih property blog atau situs yang hendak kita tingkatkan keberadaan situs milik kita di mata search engine. Buat properti baru jika dirasa situs yang hendak kalian tingkatkan keberadaannya tersebut belum terdaftar pada properti milik pribadi kalian.
Baca : Cara Membuat Properti Baru Pada Google Analytics
2. Setelah kalian pilih atau buat properti baru pada situs yang hendak kita tingkatkan keberadaannya dimata search engine tersebut, pilih pada bagian Penautan Produk >>> Semua Produk. Saya menggunakan bahasa indonesia jadi sesuaikan pada tampilan google analytics kalian jika kalian menggunakan bahasa tampilan yang berbeda dengan punya saya, kira - kira seperti pada gambar yang tertera di sini saja.
3. Cari bagian Search Console dan kemudian Tautkan Search Console. Disana ada banyak pilihan yang sekiranya bisa membantu kalian dalam mengembangkan situs milik kalian untuk mendapatkan beberapa penghasilan tambahan rutin dari blog kalian jika sudah sesuai standard yang telah ditetapkan oleh Google, namun saya pada postingan ini hanya memfokuskan pada Menautkan Google Analytics Ke Search Console Google Webmasters.
Tampilan akan berubah jika belum tertaut properti tersebut pasti ada tombol Edit di dalamnya, namun jika sudah tertaut dengan properti lain anda bisa menggantinya atau membiarkan saja tautan tersebut. Sudah tertaut ke search console ditandai dengan adanya unit Google Analytics yang tampil disana.
4. Setelah kalian klik Edit maka akan menuju pada Search Console Google Webmasters pada bagian Aktifkan Data Search Console Di Google Analytics. Pilih situs search console yang hendak kalian tautkan sehingga meningkatkan keberadaan di SERP lebih lama. Jika belum ada maka pastikan kalian telah membuat Search Console untuk situs tersebut terlebih dahulu sesuai arahan yang paling atas tadi. Pilih >>> Simpan.
Baca : Cara Mendaftarkan Blog Atau Website Ke Search Engine
Setelah kalian kli ktombol Simpan maka akan segera muncul tampilan "Tambahkan ikatan" disini kalian akan ditentukan apakah anda akan menyimpan pengaitan baru atau tidak, jika dikaitkan maka secara otomatis pengaitan pada search console yang sudah ada sebelumnya (jika ada) akan secara otomatis terhapus dan digantikan dengan pengaitan yang paling terbaru.
5. Klik Oke dan kalian akan secara otomatis menuju pada bagian Search Console Google Webmasters. Pastikan pada bagian pesan console terdapat pemberitahuan bahwa situs yang tadi anda kaitkan sudah benar - benar terdeteksi oleh google webmasters.
Biasanya terdapat dua pemberitahuan yang menerangkan bahwa (1) situs sudah ditingkatkan keberadaan penelusurannya dan (2) situs yang anda kaitkan tadi sudah terkait dengan salah satu akun google analytics dengan kode unik. Itu menandakan bahwa situs sudah berhasil dikaitkan dengan benar dan keberadaan di search engine juga sudah ditingkatkan dengan lebih baik dimata SERP.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar