Jumat, 05 Februari 2016

Manfaat Latihan Kardiovaskular

Sistem peredaran darah atau sistem kardiovaskular adalah suatu sistem organ yang berfungsi memindahkan zat ke dan dari sel. Sistem ini juga menolong stabilisasi suhu dan pH tubuh (bagian dari homeostasis). Ada dua jenis sistem peredaran darah: sistem peredaran darah terbuka, dan sistem peredaran darah tertutup. sistem peredaran darah, yang merupakan juga bagian dari kinerja jantung dan jaringan pembuluh darah (sistem kardiovaskuler) dibentuk. Sistem ini menjamin kelangsungan hidup organisme, didukung oleh metabolisme setiap sel dalam tubuh dan mempertahankan sifat kimia dan fisiologis cairan tubuh.
  • Pertama, darah mengangkut oksigen dari paru-paru ke sel dan karbon dioksida dalam arah yang berlawanan (lihat respirasi).
  • Kedua, yang diangkut dari nutrisi yang berasal pencernaan seperti lemak, gula dan protein dari saluran pencernaan dalam jaringan masing-masing untuk mengonsumsi, sesuai dengan kebutuhan mereka, diproses atau disimpan.
Penyakit kardiovaskular adalah penyakit gangguan pada jantung dan pembuluh darah. Karena sistem kardiovaskular sangat vital, maka penyakit kardiovaskular sangat berbahaya bagi kesehatan. Ada banyak macam penyakit kardiovaskular, tetapi yang paling umum dan paling terkenal adalah penyakit jantung dan stroke.

Manfaat pertama, latihan cardio bagus untuk memperkuat otot jantung dan otot-otot yang berperan dalam pernapasan seperti pada paru-paru. Kita tidak hanya memperoleh tenaga yang berkesinambungan dengan sedikit rasa ketidaknyamanan, namun juga ada manfaat fisiologis seperti mengurangi tekanan darah, meningkatkan metabolisme untuk membakar lemak saat beristirahat, dan pelepasan hormon endorfin ke otak yang memberikan kepada kita perasaan bahagia sehingga menurunkan resiko atau menangkal depresi dan kecemasan. Masih banyak lagi manfaat latihan kardiovaskular yang tidak kita sebutkan, namun yang perlu Anda ketahui adalah bahwa manfaat yang baik dari latihan kardiovaskular itu sangat banyak.

Olahraga yang teratur berefek pada banyak faktor resiko penyakit kardiovaskuler. Seperti halnya dalam berolahraga yang sedikit banyak dapat membantu penurunan berat badan, membantu mengurangi tekanan darah, mengurangi kadar kolesterol jahat (LDL) dalam darah serta secara otomatis dapat meningkatkan kadar kolesterol baik (HDL) dalam darah.

Bersamaan dengan meningkatkan detak jantung, latihan kardio juga akan meningkatkan kecepatan metabolisme tubuh. Makin cepat metabolisme tubuh, makin mudah bagi Anda menjaga berat badan atau menurunkan berat badan. Latihan kardio ini dapat merangsang hormone yang menimbulkan “perasaan senang” yang tentunya dapat mengurangi gejala depresi dan kelelahan. Selain itu, latihan ini dapat pula merangsang hormon untuk menurunkan nafsu makan.

Latihan kardio dapat membatu menurunkan waktu recovery dan membantu mengedarkan lebih banyak darah yang kaya oksigen ke otot untuk mempercepat proses perbaikan dan pembentukan jaringan otot baru. Hal ini berarti Anda dapat lebih cepat kembali ke gym dan melatih otot Anda lagi. Latihan fisik berupa latihan kardio pada penderita diabetes akan meningkatkan kemampuan otot untuk menggunakan glukosa sehingga membantu mengontrol kadar gula darah.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar