Senin, 08 Februari 2016

Berbagai Faktor Penyebab Kegemukan Badan

Banyak yang mengalami kegemukan badan yang berlebihan akibat melakukan beberapa aktifitas rutin dalam kesehariannya. Bila aktifitas yang kurang bermanfaat tersebut mudah untuk dihindarkan, maka tidak akan ada banyak orang yang kelebihan berat badan. Namun kenyataannya untuk mengurangi berat badan merupakan hal yang cukup sulituntuk dilakukan oleh sebagian besar orang.
Tentu makan makanan cepat saji seperti kentang goreng akan lebih nikmat dibandingkan dengan sayuran sehat, atau ayam goreng lebih gurih sebagai lauk kesehariannya yang mana hal yang disukai tersebut terkadang adalah hal yang menyebabkan berbagai masalah untuk tubuh kita. Di sisi lain, memiliki berat badan yang ideal akan membuat tubuh merasa lebih nyaman dibandingkan dengan kelebihan berat badan. Oleh karena itu ada baiknya kita merubah pola hidup berubah menjadi kebiasaan hidup sehat.
Baca : Efek Keseringan Makan Junk Food Atau Makanan Cepat Saji Atau Makanan Instan

Untuk memulai mendapatkan tubuh yang ideal maka ada baiknya kalian sadari Berbagai Faktor Penyebab Kegemukan Badan, misalnya kebiasaan-kebiasaan keseharian yang menurut kalian baik ternyata justru malah membuat tubuh menjadi mudah gemuk. Apa sajakah faktor kegemukan tersebut? Mari kita telusuri lebih jauh lagi pada bacaan berikut ini.

Waktu Tidur
Masalah kegemukan badan juga baerkaitan pada jatah waktu untuk beristirahat. Kurangnya waktu istirahat yang menyebabkan efek kurang tidur ini dapat meningkatkan nafsu untuk ngemil atau memakan makanan ringan semakin bertambah sehingga pertambahan kalori serta lemak jahat yang masuk pada tubuh menjadi kurang teratur disebabkan oleh peningkatan kadar hormon tubuh. Begadang juga meningkatkan ppola makan yang tidak sehat karena biasanya orang yang begadang akan makan makanan apasaja yang ada pada saat itu dan tak jarang makanan yang dikonsumsi adalah makanan yang kurang sehat.

Stress
Hormon kortisol adalah hormon yang banyak dihasilkan ketika anda merasakan stress berlebih yang dapat meningkatkan nafsu makan berlebih. Hal ini yang sering menjadi penyebab kegemukan pada wanita khususnya karena terkadang mereka meluapkan stress tersebut dengan makan tanpa mempedulikan resiko peningkatan kegemukan badan.

Pola Makan
Kebiasaan memakan makanan serta pengkonsumsian makanan tertentu untuk tubuh juga dapat menyebabkan kegemukan, terutama pada pengkonsumsian makanan ringan dan minum minuman yang berkadar gula tinggi. Ada baiknya jika kalian mulai mengatur kebiasaan makan kalian dengan sebaik mungkin jika ingin dengan mudah menghindari makanan penyebab kegemukan badan.
Baca : Penerapan Pola Makan Yang Baik Dan Sehat

Obat - Obatan
Pada kenyataannya mengkonsumsi obat - obatan tertentu dapat juga menjadi faktor penyebab kegemukan badan seperti antidepresan, steroid, dan obat lain yang biasanya digunakan sebagai pereda sakit migrain, hipertensi, dan diabetes. Bisa juga terjadi pada orang yang tadinya kurus lalu ingin menambah berat badan dengan cepat dengan cara mengkonsumsi suplemen penambah berat badan, namun apa yang terjadi adalah malah menjadi kegemukan dan bahkan ada yang hingga menjadi obesitas.

Penyakit
Mengidap beberapa penyakit yang dapat meningkatkan kadar hormon penambah nafsu makan juga bisa menjadi penyebab kegemukan pada tubuh seseorang. Contoh penyakitnya antara lain yaitu penyakit Hipotiroidisme, Sindrom Cushing, dan Sindrom Ovarium Polikistik (SOPK).

Merokok
Kebiasaan menghirup asap rokok dapat meningkatkan detak jantung yang berdetak lebih cepat 10 hingga 20 kali dari biasanya sehingga pembakaran kalori dalam tubuh menjadi lebih meningkat. Orang akan menjadi lebih meningkat nafsu makannya saat berhenti merokok dikarenakan kebutuhan penyukupan kalori yang dibakar sebelumnya. Namun manfaat ketika anda berhenti merokok lebihlah besar dibanding dengan resiko yang anda dapat ketika anda terbiasa merokok.
Baca : Bahaya Merokok Bagi Keturunan Anda

Teknologi
Kemudahan seperti akses internet di hampir segala tempat dapat membuat orang menjadi lebih senang berlama - lama duduk di depan layar dibandingkan dengan sebelumnya. Kebiasaan duduk dalam waktu lama ini sering mengacu pada kebiasaanpengkonsumsian makanan ringan yang memiliki kalori tinggi sehingga resiko kegemukan badan menjadi lebih meningkat dan menjadikan perut buncit badan bundar dan apalah - apalah lagi pada tubuh.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar