Jumat, 05 Februari 2016

Waspada Terhadap Wabah Virus Zika

Kondisi cuaca yang susah untuk diprediksi ini dapat menyebabkan munculnya berbagai macam penyakit hingga bisa menjadi wabah jika penyakit tersebut menyebar dalam banyak tempat sekitarnya. Ini yang terjadi pada penyebaran virus Zika yang awalnya ditularkan melalui primata sejenis kera dan sekarang pun penyebarannyapun meluas hingga bisa melalui hewan lain serta melalui manusia yang terinfeksi oleh virus Zika. Virus ini sudah pasti kebenarannhya tidak seperti info - info kesehatan yang lain yang biasanya belum jelas kebenarannya.
Baca : Berita Kesehatan Yang Belum Terbukti Kebenarannya Namun Heboh Di Masyarakat

Perkembangan Virus Zika
Virus Zika pertama kali ditemui pada tahun 1947 dan berasal dari Monyet Rhesus di Hutan Zika, Uganda, Afrika. Virus ini diberi nama Zika dimana kata zika diambil dari nama hutan zika yang merupakan hutan dimana monyet yang terjangkit virus zika ini untuk pertama kalinya ditemukan. Virus zika sendiri diketahui mulai menjangkit serta menginfeksi tubuh manusia di tahun 1950 terutama di daerah Afrika serta Asia yang merupakan kawasan khatulistiwa, sedangkan infeksi virus ini banyak terjadi pada tahun 1968 tepatnya di daerah Nigeria.

Virus zika sendiri merupakan salah satu jenis virus yang berasal dari genus flavivirus dengan family flaviviridae. Zika kemudian diketahui mulai menyebar ke daerah timur pada tahun 2014 melintasi samudera pasifik menuju polinesia Perancis. Tahun 2015, zika mulai menyebar hingga pulau paskah hingga amerika tengah, Karibia, hingga Amerika selatan. Seiring dengan perkembangannya, virus zika berkembang dan menyebar serta menginfeksi ke dalam tubuh manusia hingga lebih dari 20 negara yang berada di benua Amerika khususnya pada daerah-daerah tropis.

Cara Penularan Virus Zika
Penularan untuk saat ini sebagian besar mirip seperti demam berdarah karena gejala - gelajanya pun juga hampir mirip namun dengan efek yang lebih sadis pada orang yang terjangkit virus Zika ini. Orang yang terjangkit pun juga bisa menurunkan virus ini pada keturunan mereka meskipun carriernya tidak merasakan dampak dari virus zika namun keturunannya akan jelas sekali terlihat hasil penularannya. Hubungan intim pada orang yang terjangkit virus Zika juga dapat menyebabkan penularan virus ini. Perlu kita waspadai betul karena tidak terlihat pada orang yang terjangkit virus Zika karena hanya nampak seperti terkena demam saja dan tidak menyangka jika mereka sudah terjangkit oleh virus mematikan ini.

Gejala Umum Penderita Virus Zika
Gejala - gejakla yang ditimbulkan jika seseorang terjangkit virus Zika ini antara lain yang perlu kita perhatikan dengan betul yaitu diantaranya:
  1. Demam
  2. Bintik merah
  3. Sakit kepala
  4. Nyeri sendi
  5. Nyeri otot dalam kurun waktu 7 hari
Segera periksakan ke dokter atau rumah sakit jika sekiranya terjadi gelaja - gejala diatas dalam waktu minimal 3 hari lamanya tidak sembuh - sembuh karena perlu kalian waspadai betul dampak berbahaya seorang penderita virus Zika ini meskipun yang mereka rasakan hanya berupa demam yang lama dan diperlukan istirahat total yang baik untuk kesembuhan perawatan lanjutannya.
Baca : Cara Mengistirahatkan Badan Yang Baik Dan Efisien

Dampak Virus Zika
Dampak pada bayi :
Mengalami kelainan otak dan ukuran kepala di bawah normal.
Menderita kerusakan parah pada bagian mata dan telinga.
Mempunyai kemampuan indra penglihatan yang terbatas akibat kerusakan saraf optik dan retina.
Menderita juling.
Menghambat pertumbuhan anak yang akan sulit belajar akibat kerusakan sebagian fungsi motorik.

Dampak pada orang dewasa:
Menderita demam tinggi yang lama.
Menyerang janin dalam kandungan
Menjadi pembawa virus Zika
Nyeri pegal - pegal yang berkelanjutan disekujur tubuh
Resiko meningga lebih tinggi

Cara Mengatasi Virus Zika
Beberapa tips yang dapat kalian lakukan dengan mudah dalam mengatasi penyebaran virus Zika serta langkah dasar dalam mengatasi virus Zika ini antara lain:
  1. Hindari genangan air mengendap di sekitar rumah
  2. Mengenakan pakaian berwarna terang
  3. Gunakan krim anti nyamuk dan pendingin ruangan
  4. Selubungi tempat tidur bayi dengan kelambu
  5. Rutin mengkonsumsi air putih dalam jumlah yang cukup
  6. Jaga pola makan dan pola hidup
Baca : Penerapan Pola Makan Yang Baik Dan Sehat
Pola hidup yang sehat membawa dampak yang baik juga bagi kehidupan kita nantinya. Daya tahan tubuh jika drop akan semakin memudahkan tubuh terjangkit berbagai jenis penyakit yang bahkan bisa mengancam nyawa. Sayangilah tubuh dan hidup kalian.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar